Senin, 09 November 2015

Geophysics Goes To School (GGTS) 2015 Periode 1 SMAN 2 Metro

Kegiatan GGTS periode 1 kali ini diawali dengan kunjungan dan sosialisasi ke SMAN 2 Metro yang bertempat di kecamatan Metro Barat, Kota Metro. Kegiatan kunjungan dan sosialisasi yang dilakukan pada tanggal 28 Oktober 2015 pukul 2 siang ini bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan jurusan Teknik Geofisika Universitas Lampung, dan menarik minat siswa-siswi SMA khususnya kelas XII jurusan IPA untuk bergabung dengan keluarga besar Teknik Geofisika Universitas Lampung.

Tim GGTS 2015 Periode 1 SMAN 2 Metro
Bidang studi geofisika (murni maupun keteknikan) masih terbilang baru dan jarang ada di Indonesia. Oleh karena itulah kegiatan pengenalan seperti ini sangat diperlukan untuk dapat mensosialisasikan pada masyarakat, khususnya para calon mahasiswa mengenai dunia geofisika sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam pengambilan jurusan di perguruan tinggi nantinya.



Penyampaian Materi di Kelas oleh Tim GGTS 2015
GGTS kali ini melibatkan 13 orang personil dari HIMA TG BHUWANA periode 2015/2016, yang dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang disebar ke 4 kelas XII IPA. Di masing-masing kelas kelompok-kelompok tersebut ditugaskan untuk menjelaskan dan mempromosikan dunia geofisika dan jurusan Teknik Geofisika Universitas Lampung kepada para siswa di kelas.  



Suasana di Kelas saat Penyampaian Materi
Penjelasan dilakukan dengan menampilkan slide, dan juga video-video seputar dunia Geofisika. Materi yang disajikan berupa pengenalan secara umum ilmu geofisika, kegiatan yang dilakukan oleh geofisikawan, serta prospek kerja dan perkembangan ilmu geofisika ke depan. Respon para siswa dapat dikatakan positif, rasa ingin tahu tentang geofisika juga terbilang bagus. Para siswa banyak berinisiatif untuk saling bertanya jawab dengan pemateri. Mayoritas siswa yang tertarik dengan dunia geofisika ialah karena lulusan sarjana geofisika memiliki peluang yang cukup besar di dunia kerja professional. Kekurangan dari kegiatan kali ini ialah waktu yang diberikan pihak sekolah untuk penyampaian materi yang terlalu singkat, sehingga penyampaian materi juga kurang maksimal.

1 komentar:

HIMA TG Bhuwana

geofisikaunila.blogspot.com pindah ke himatg.eng.unila.ac.id